Hasil final UEFA National League berhasil dimenangkan Prancis dengan skor 2 1 atas Spanyol, Senin (11/10/2021) dini hari. Berlangsung di San Siro, laga berjalan alot sejak peluit kick off dibunyikan dan minim peluang berbahaya dari kedua tim hingga jeda turun minum. Pada babak kedua, Spanyol berhasil membuka keunggulan lebih dulu lewat gol Oyarzabal (64'). Namun hanya bertahan satu menit.

Karim Benzema berhasil menyamakan kedudukan berkat plessing dari sudut kotak penalti Spanyol di sisi kanan. Bola mengarah ke pojok kiri gawang Spanyol yang sulit digagalkan Unai Simon. Prancis memastikan kemenangan mereka pada menit ke 80 melalui gocekan Kylian Mbappe setelah lolos perangkap offside Spanyol dan mengelabui Unai Simon.

Laga menarik tersaji di San Siro antara Juara Dunia 2010, Spanyol melawan Juara Dunia 2018, Prancis. Kedua pelatih saling lempar pujian sebelum kick off Spanyol vs Prancis. Spanyol mempertahankan kualitas permainan mereka. Kami memiliki lebih banyak pengalaman tetapi itu tidak memberi kami jaminan. Kami harus memiliki semua bahan yang tepat untuk pergi ke sana (San Siro) dan memenangkan trofi," kata Deschamps, pelatih Prancis, dikutip dari BBC.

Sementara pelatih Spanyol, Luis Enrique memuji skuat yang dimiliki Deschamps, bagaimana pemain top kelas dunia yang menjadi bagian tim. "Lihatlah skuad Prancis, dan starting XI mereka. Mereka bermain untuk klub klub top dan mereka adalah pemain yang menonjol, skuad terbaik di dunia," sanjung mantan pelatih Barcelona itu. Spanyol mendominasi penguasaan bola dalam lima menit babak pertama.

Tim asuhan Luis Enrique berupaya membongkar pertahanan Prancis, namun masih bisa digagalkan Varane Cs. Prancis punya peluang emas pada menit ke 7, berawal dari umpan terobosan Pogba, Benzema menerima lalu melewati hadangan Unai Simon di kotak penalti. Namun dia berlari menjauh dari gawang, Benzeme yang mencoba mengumpan untuk rekannya berhasil digagalkan Azpilicueta.

Permainan menarik diperagakan skuat Deschamps saat Pogba dan kolega mengandalkan kolektivitas permainan. Benjamin Pavard lepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti Spanyol, tetapi masih bisa diblok oleh pertahan La Furia Roja. Tak berselang lama giliran Spanyol yang menekan pertahanan Prancis.

Sarabia mendapat umpan terobosan dari rekannya di kotak penalti, namun sayang peluang emas gagal dikonversikan menjadi gol. Sepakan Carabia masih terlalu lemah hingga bisa dijangkau Hugo Lloris dengan baik. Tak banyak peluang hingga pertengahan babak pertama berlangsung, baik Spanyol dan Prancis baru melepaskan satu tembakan tepat sasaran.

Menit ke 36 Spanyol mendapat kesempatan dari skema bola mati yang tidak jauh dari kotak 12 pass Prancis. Marcos Alonso yang menjadi eksekutor memanfaatkan kesempatan tersebut dengan melepaskan tembakan langsung yang mengarah ke tiang dekat di sisi kiri gawang Lloris. Namun sayang, bola masih terlalu melebar dari gawang Prancis.

Jelang jeda turun minum, Prancis harus rela kehilangan pilar penting pertahanan mereka, Raphael Varane. Pemain Manchester United itu ditarik keluar karena cedera dan digantikan oleh Upamecano. Hingga peluit panjang dibunyikan, kedua tim tidak mampu merubah papan skor yang akhirnya berkesudahan dengan kedudukan 0 0.

Selepas jeda babak pertama, alotnya pertandingan tetap tidak terelakkan. Spanyol yang lebih aktif melalui pemain sayap mereka berulang kali mencoba dengan umpan silang. Begitu juga dengan Prancis yang mengandalkan serangan dari sisi sayap melalui Pavard ataupun Mbappe.

Menit ke 63 Prancis hampir saja merubah papan skor pertandingan. Alih alih mencetak gol lebih dulu, Prancis justru kebobolan pada menit ke 64. Berawal dari umpan Sergio Busquets dari sisi tengah menuju Oyarzabal yang dikawal Upamecano.

Pemain Real Sociedad itu berhasil melepaskan hadangan Upamecano dan melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti Prancis. Bola meluncur deras ke sisi kiri gawang Hugo Lloris. Keunggulan La Furia Roja hanya bertahan satu menit.

Karim Benzema mencetak gol indah satu menit berselang melalui tembakan plessingnya dari sudut kotak penalti Spanyol. Bola sempat mengenai tangan Unai Simon, tetapi tidak mampu menggagalkan gol Benzema. Pada menit ke 80, Prancis sempat menceploskan bola untuk kedua kalinya ke gawang Unai Simon melalui Kylian Mbappe.

Dia menerima umpan terobosan dari rekannya. Mbappe lolos dari hadangan Eric Garcia untuk one by one dengan Unai Simon. Dengan gocekannya dalam kotak penalti, Mbappe berhasil mengkonversikan peluang dengan tembakan kaki kirinya. Gol Mbappe sempat dikritik oleh pemain Spanyol karena berbau offside.

Tapi setelah memeriksa melalui VAR, wasit Anthony Taylor mengesahkan gol Mbappe. Hingga peluit panjang dibunyikan, kedudukan tidak berubah 2 1 untuk kemenangan Prancis. Spanyol

Unai Simon, Laporte, Eric Garcia, Azpilicueta, Marcos Alonso, Rodri, Sergio Busquets, Gavi, Ferran Torres, Oyarzabal, Sarabia. Pelatih: Luis Enrique Prancis

Hugo Lloris, Raphael Varane, Kounde, Kimpembe, Pavard, Tchouameni, Pogba, Theo Hernandez, Antoine Griezmann, Karim Benzema, Kylian Mbappe. Pelatih: Didier Deschamps

Leave a Reply

Your email address will not be published.