Inggris yang melawat ke markas Andorra berhasil meraih kemenangan telak dengan skor 0 5 dalam pertandingan ketujuh Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022, Minggu (10/10) dini hari WIB. Berlangsung di Estadi Nacional, pasukan Gareth Southgate membuka keunggulannya pada menit ke 17. Memanfaatkan operan terukur Jadon Sancho, The Three Lions mencetak gol ke gawang Andorra lewat lesakan Ben Chilwell.

Sebelum paruh pertama usai, Bukayo Saka menjadi pengganda keunggulan The Three Lions pada menit 40. Bukayo Saka sepatutnya berterima kasih kepada Phil Foden yang melayaninya dengan sebuah umpan terukur. Sayangnya setelah gol Saka, laga berjalan keras dan memaksa pengadil lapangan mengeluarkan 3 kartu kuning.

Pertama diberikan kepada Christian Martinez kemudian dua lainnya untuk pemain Inggris John Stones dan Sancho. Selepas turun minum, Sancho mencetak asisst keduanya yang kali ini dikirimkan untuk Tammy Abraham. Tepatnya menit 59, Tammy yang berada di dalam kotak penalti sukses mengkonversikan bola Sancho untuk membawa The Three Lions semakin unggul 3 0.

Alih alih ingin mengejar ketertinggalan, Andorra justru harus dihukum penalti oleh pengadil lapangan. James Ward Prowse yang melaju sebagai eksekutor penalti gagal mengkonversikannya menjadi gol karena arah bola terbaca kiper lawan. Namun bola tepisan kiper Andorra kembali mengarah ke Ward Prowse yang sukses memanfaatkan rebound menjadi gol.

Sebelum laga selesai, Jack Grealish mencatatkan namanya sebagai penutup pesta gol The Three Lions. Grealish mendapatkan bola lambung dari kiper The Three Lions Sam Johnstone. Umpan Johnstone pun sanggup dijangkaunya dan Grealish tinggal menceploskan ke gawang Andorra.

Gol Grealish pun mempertegas kemenangan Inggris di kandang Andorra dengan skor 0 5. Atas hasil ini, The Three Lions makin kokoh di puncak klasemen Grup I dengan 19 poin. Anak asuh Southgate pun berpeluang mengamankan tiket Piala Dunia 2022 lebih cepat dari pesaingnya lainnya.

Meskipun demikian, Albania dapat menjadi ancaman nyata karena berada di urutan kedua dengan terpaut 4 angka. Posisi ketiga ada Polandia dengan 14 poinnya yang berjuang mengkudeta posisi Albania.

Leave a Reply

Your email address will not be published.