Bakti Kompas Gramedia (KG) untuk negeri diwujudkan dalam kolaborasi dengan Dewan Pers Indonesia melalui program #BerkolaborasiuntukIndonesia: Vaksinasi Covid 19 untuk 10.000 Pekerja Media. Program ini diselenggarakan dengan membuka Sentra Vaksinasi KG di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat mulai Senin (28/6/2021), bertepatan dengan HUT ke 56 Harian Kompas. Target peserta harian adalah 500 orang, sehingga diperkirakan akan digelar selama 20 hari. "Pandemi Covid 19 ini persoalan mahadahsyat yang dihadapi dunia dan Indonesia tanpa terkecuali. Kita tidak bisa selamat, sebelum semua orang selamat. Penanganannya perlu tepat, cepat, serempak, juga serentak," kata Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra.

"Karena itu, kita perlu bergotong royong, bahu membahu. Kerja kerja mengatasi pandemi bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi semua, termasuk kita. Apa yang dilakukan Kompas bersama sama Dewan Pers dan banyak pihak ini semoga sedikit membantu Ibu Pertiwi yang sedang bersusah hati mengatasi pandemi," ujarnya. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan HUT ke 56 Harian Kompas, penyelenggaraan vaksinasi program ini merupakan wujud nyata semangat Harian Kompas untuk menjadi #KawandalamPerubahan bagi bangsa Indonesia dalam menghadapi transformasi akibat pandemi. Pekerja media menjadi sasaran utama vaksinasi karena sifat pekerjaannya yang berisiko tinggi terpapar Covid 19.

Ketua Dewan Pers Indonesia Agus Sudibyo menyatakan keselamatan dan kesehatan wartawan dan pekerja media adalah yang paling penting dalam kehidupan pers saat ini. "Hanya dengan keselamatan dan kesehatan itu, pers dapat berkontribusi nyata dalam penanganan pandemi Covid 19. Dewan Pers mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, swasta, perusahaan media, dan asosiasi media yang telah berkolaborasi melaksanakan seri vaksinasi untuk pekerja media," kata dia. Dengan melindungi kesehatan para jurnalis melalui penyelenggaraan vaksinasi, KG berharap bisa turut menjaga stabilitas industri media di Indonesia sehingga tetap mampu menjalankan fungsi kontrol sosial sekaligus edukasi masyarakat di tengah situasi pandemi dan disinformasi.

Masyarakat harus terus menerus didorong untuk menjalankan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan karena itulah satu satunya cara untuk keluar dari pandemi. Juru Bicara Vaksinasi Covid 19 Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menyatakan kenaikan kasus pasca momen libur Lebaran ini, selain karena adanya mobilitas yang tinggi dan longgarnya protokol kesehatan juga dikarenakan oleh varian baru yang lebih cepat menular. "Tetapi cara menurunkan laju penularannya tetap sama, dengan tidak lelah, tidak bosan, dan tidak abai protokol kesehatan 3M termasuk mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan," kata Siti.

"Fokus pemerintah saat ini adalah menekan di hulu dengan mencegah orang sehat tidak menjadi sakit, supaya di hilir di sisi penanganan kesehatan bebannya bisa berkurang. Segeralah daftarkan diri Anda untuk mengikuti vaksinasi Covid 19, sehingga Anda dan keluarga terlindungi." Siti juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Kompas Gramedia untuk bersama mempercepat vaksinasi mencapai 1 juta per hari sehingga tercapainya kekebalan kelompok. Penyelenggaraan #BerkolaborasiuntukIndonesia: Vaksinasi Covid 19 untuk 10.000 Pekerja Media diorganisir oleh Dyandra Promosindo berkolaborasi dengan KG Media. Sejumlah fasilitas kesehatan juga turut berkolaborasi dengan mengirim tenaga kesehatan sebagai vaksinator, antara lain RS St. Carolus Sumarecon Serpong, RSAU dr. Esnawan Antariksa, Neoclinic, RS Ukrida, RS Mitra Keluarga Bintaro, dan Karunia Laboratorium Klinik.

Tim Medical Center KG juga bersiaga di lokasi untuk mengantisipasi peserta yang mengalami keluhan setelah vaksinasi. "Kegiatan ini terselenggara berkat kolaborasi antar unit di dalam Kompas Gramedia, juga kolaborasi dengan banyak pihak luar. Sentra Vaksinasi KG hadir berlandaskan semangat kemanusiaan untuk mengajak semua pihak bergerak bersama #BerkolaborasiuntukIndonesia bebas pandemi dengan mendukung upaya pemerintah dalam memutus rantai penularan Covid 19 melalui percepatan vaksinasi. Inilah sumbangsih KG di tengah pandemi untuk negeri," kata Corporate Communications Director KG Glory Oyong. Sentra Vaksinasi KG terbilang cukup unik karena lokasinya di Bentara Budaya Jakarta yang merupakan venue budaya milik KG.

Peserta vaksin yang mengantre untuk disuntik bisa menyejukkan mata sekaligus mengurangi ketegangan dengan menikmati lukisan koleksi Bentara Budaya yang digantung di sekeliling dinding ruang vaksinasi. Protokol kesehatan sudah pasti dijalankan secara ketat dengan pembatasan kapasitas ruangan dan jarak fisik, penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, serta pengecekan suhu sebelum memasuki venue. Dalam kesempatan itu juga dihadiri Plt. Dirjen P2P Kemenkes RI dr. Maxi Rein Rondunuwu, DHSM, MARS dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.