DP mobil menjadi pengeluaran yang besar dan butuh manajemen keuangan terbaik untuk mengelolanya dengan tepat. Membeli mobil dengan perencanaan tepat akan menghemat uang hingga belasan juta rupiah. Bagi kebanyakan orang, mobil adalah pengeluaran terbesar kedua setelah rumah.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan penawaran terbaik jika hendak beli mobil yang tepat, dan tetap mengasuransikannya dengan harga lebih murah. Ada banyak panduan melakukan pembelian mobil yang tepat untuk bisa mendapatkan harga terbaik.

Tips Hemat Anggaran  untuk DP Mobil

1. Putuskan Berapa Banyak Uang Harus Dikeluarkan untuk Beli Mobil yang Anda Mampu

Baik Anda baru pertama kali membeli mobil atau sudah yang kesekian kalinya, selalu awali proses pembelian mobil dengan membuat anggaran. Aturan praktis yang baik adalah, kumpulkan DP mobil di bawah 20% dari pendapatan sebelum pajak tahunan Anda.

Pertimbangkan berapa banyak yang Anda mampu sebelum membeli jenis mobil yang Anda inginkan. Dari sudut pandang keuangan, semakin sedikit yang Anda belanjakan untuk membeli mobil, semakin banyak sisa uang yang Anda miliki untuk segala hal lainnya.

Mengapa? Sebab hal penting untuk diingat adalah, harga mobil tidak berakhir pada harga pembelian saja. Anda juga bisa perlu mengurus biaya pendaftaran, pajak, bahan bakar, depresiasi, perawatan rutin, perawatan mendadak, parkir, dan banyak lagi.

Lipat gandakan harga beli dengan  120% dan Anda akan memiliki gambarang yang lebih baik tentang biaya sebenarnya untuk Anda.

2. Hindari Memiliki Banyak Pilihan

Sebagian besar opsi mobil dengan trim kelas atas tidak mempertahankan nilainya dengan baik ketika tiba saatnya untuk dijual kembali. Hal ini juga berlaku untuk opsi teknologi, yang cepat kedaluwarsa dan mungkin memerlukan upgrade. Jadi, carilah mobil yang memang paling dibutuhkan.

Hindari juga untuk membeli opsi non-pabrik. Dealer suka menambahkan add-on ke kendaraan baru sebagai cara cepat untuk menambah keuntungan mereka. Baik itu cover jok, pelindung kain, stripping atau apa pun yang sengaja ditambahkan sebagai penjualan.

Sekalipun Anda menginginkannya, pastikan jika  Anda dapat menemukannya lebih murah di tempat lain. Anda dapat membeli tambahan fitur apapun yang dibutuhkan di tempat lain dengan harga kurang dari yang mungkin coba dijual oleh dealer kepada Anda.

3. Cari yang Transmisinya Masih Manual

Jika Anda mencari mobil baru yang muran namun masih bisa diandalkan, carilah yang bertransmisi manual. Dengan peminat mobil manual yang semakin menurun di kalangan pengemudi, Anda kemungkinan akan mendapatkan harga yang bagus untuk bisa beli baru.

Carilah mobil baru bertransmisi manual yang memiliki harga sesuai dengan anggaran Anda. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat sedikit pengeluaran yang dimiliki dalam hal pembelian mobil. Apalagi DP mobil matic harganya juga lumayan mahal. Jadi pastikan jika Anda menemukan yang benar-benar sesuai dengan anggaran.

Kendaraan bukan merupakan investasi; kendaraan adalah aset yang terdepresiasi dengan cepat. Bahkan mobil baru yang paling populer pun akan kehilangan 10% nilainya segera setelah Anda mengeluarkannya dari tempat parkir dan hingga 40% dari nilainya setelah 12 bulan,

Jadi, kelola dengan bijak keuangan yang dimiliki. Nah, untuk Anda  yang ingin sekali beli mobil baru dengan mudah, belilah di SEVA! Platform dari Astra Financial ini menyediakan banyak fitur untuk membantu Anda temukan mobil yang tepat.

Dengan fitur Instant Approvalnya, sudah dipastikan Anda bisa sesuaikan anggaran yang dimiliki dengan mobil yang dibutuhkan. Anda bisa hitung cicilan dengan DP mobil yang ada dan sesuaikan skema pembayarannya. Yuk, unduh SEVA!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.