Kehilangan koper saat di Bandara bukan hal baru lagi. Namun kita bisa, lho, mencegah hal tersebut terjadi. Selain dengan memiliki asuransi perjalanan seperti asuransi perjalanan luar negeri, yang bisa menjamin kerugian karena kehilangan koper ini, ada beberapa tips lain yang juga bisa dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi. Apa saja itu? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

  1. Miliki asuransi perjalanan

Meski harus merogoh kocek lebih dalam, asuransi perjalanan memiliki banyak beragam manfaat, dari jaminan kehilangan, ketidaknyamanan hingga biaya pengobatan pun dapat ditanggung oleh asuransi perjalanan juga lho. Memiliki asuransi perjalanan pun tidak memiliki proses yang rumit karena sekarang sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan pemrosesan secara online lho.

  1. Menautkan kontak yang dapat dihubungi

Kita juga dapat memasang info kontak yang dapat dihubungi jika sewaktu-waktu koper kita hilang. Dengan mencantumkan nama, nomor HP yang bisa dihubungi, hingga alamat email pada koper kita, hal itu sudah menjadi langkah preventif yang baik, lho.

  1. Memasang stiker unik pada koper

Dengan memasang stiker unik pada koper kita, hal tersebut akan membuat koper kita lebih mencolok dibandingkan koper milik orang lain. Hal ini akan membuat pencuri enggan mengambil koper kita karena visual koper yang cukup menarik perhatian orang lain. Sebagai pengaman ekstra, pilihlah koper dengan warna yang mencolok, sehingga koper kita dapat terlihat meski dari kejauhan dan cukup menarik perhatian. Selain menghindarkan dari pencurian koper, stiker yang unik ini juga bisa mencegah tertukarnya koper milikmu dengan penumpang lainnya.

  1. Simpan bukti nomor tas ketika masuk bagasi

F ungsi dari menyimpan bukti nomor tas ini tentunya agar lebih mudah nantinya dalam melakukan klaim jika kalian kehilangan tas atau koper kalian setibanya di bandara. Untuk mengetahui nomor bagasi, kita tinggal melihatnya di resi bagasi yang diberikan petugas. Fungsi nomor tas ini selain untuk klaim kehilangan juga digunakan untuk klaim jika terjadi kerusakan atas koper atau tas yang kita miliki juga, lho. Jadi simpan bukti nomor dengan baik.

  1. Menaruh barang-barang berharga secara terpisah

Taruhlah barang-barang berharga secara terpisah jika bisa, sehingga jika saat koper kita hilang, setidaknya dokumen-dokumen penting serta barang-barang berharga yang kita miliki tidak ikut terbawa. Namun, jika memang harus ditaruh dalam koper, pastikan kalian memfoto isi serta bentuk koper kalian sebelum berangkat ya, sehingga memudahkan dalam pencarian jika memang benar-benar hilang nantinya. Siapkan juga fotokopi dokumen-dokumen penting milik kalian terutama paspor untuk berjaga-jaga.

Itu dia beberapa tips bagaimana kita dapat mengamankan koper kita selama di bandara. Meski tidak ada yang menginginkan hal buruk terjadi pada koper kita selama di bandara, tetaplah waspada dan gunakan asuransi perjalanan bila perlu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *